Pengalaman Beasiswa Undergraduate Monbukagakusho 2019

Beasiswa monbukagakusho adalah beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang kepada siswa yang memiliki keinginan untuk belajar di jepang. Beasiswanya beragam dari mulai undergraduate (D2 aka senshu, D3 aka kosen, S1 aka gakubu) sampai research student, tapi sesuai judul, di postingan ini aku akan fokus ke undergraduate. Beasiswa ini meng-cover biaya sekolah dan biaya hidup yang jumlahnya kurang lebih ¥117.000/bulan (untuk keberangkatan 2019).

penantian pertama (……… – April 2018)

Kenapa disebut penantian pertama? Karena hidup ini penuh dengan penantian berikutnya ada penantian lainya. Jadi lamanya rangkaian seleksi monbukagakusho (dari pendaftaran sampai hasil secondary screening) itu berlangsung selama kurang lebih selama 9 bulan, jadi siapkan dulu mental kalian. (lebay banget)

Sebenernya di saat ini kalian tinggal nunggu buat pendaftaran monbu dibuka, tapi bisa dibilang ini adalah langkah pertama kalian. Saat ini kalian sedang menjalani kerasnya menjadi siswa kelas 12 di SMA, atau mungkin ada yang sedang menjalani kuliah atau bahkan gap year. aku sendiri waktu itu adalah seorang siswa kelas 12.

Syarat awal untuk bisa apply ke beasiswa ini adalah nilai rata-rata UN, jadi yang bisa kalian persiapkan sekarang ya belajar agar bisa mendapat rata-rata nilai UN yang melewati batas minimal yang diminta.

Memilih degree dan jurusan

Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang program beasiswa dan jurusan yang ada. Kalau bisa cari informasinya jangan cuma dari web Kedubes. Singkatnya sih:

  • Gakubu itu S1, lama pendidikan 5 tahun (1 tahun persiapan dan 4 tahun). Yang bisa daftar Gakubu bisa SMA IPA maupun IPS (kalau SMK coba liat di webnya lupa aku hehe). Pada saat tes tulis peserta Gakubu akan mengerjakan jumlah mata pelajaran paling banyak, tapi beda-beda sesuai jurusan. Silahkan dicek di websitenya kalau pengen tau. Syarat untuk daftar ini nilai rata-rata UN kalian minimal 84.
  • Kosen itu setara D3, lama pendidikan 4 tahun (1 tahun persiapan dan 3 tahun). Yang bisa daftar kosen cuma lulusan SMA IPA dan SMK (tapi jurusan SMK sama jurusan yang diinginkan di kosen harus ada hubungannya). Mata pelajaran yang diteskan saat tes tulisnya meliputi: Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Matematika, dan Fisika/Kimia (sesuai jurusan yang kalian pilih). Jurusan yang ada di kosen itu cuma jurusan yang “teknik-teknikan”. Nilai rata-rata UN kalian minimal 80 kalo mau daftar ini.
  • Senshu itu setara D2, lama pendidikan 3 tahun (1 tahun persiapan dan 3 tahun). Jurusan yang tersedia lengkap banget (don’t quote me on this tapi kalo gak salah kalian bisa isi sendiri jurusan yang kalian pengen wkwkw, nanti dicariin sekolah yang menyediakan jurusan tsb). Mata pelajaran yang diteskan: Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan Matematika. minimal rata-rata nilai UN : 80.

kalo kalian butuh soal-soal tes tulis tahun sebelum-sebelumnya yang aku punya bisa didownload disini 

(sebenernya yang aku punya kebanyakan cuma soal tes buat kosen sih, kalo kalian butuhnya yang lain coba cari di blog ini lengkap)

Yang bisa kalian lakukan di tahap ini: 

  • Belajar untuk Ujian Nasional supaya nilai kalian melebihi syarat yang diberikan, keep in mind UN makin kesini makin susah. UN 2018 sama 2017 aja bedanya jauh banget
  • Kalau masih ada waktu, belajar bahasa Jepang buat dapetin sertifikat JLPT (kalau gaada waktu tenang aja, aku juga gak bisa bahasa jepang sama sekali)
  • Pilih jurusan yang bener, jangan sampe nyesel
  • Belajar buat tes tulis Monbusho-nya (nanti aku bahas lebih detail dibawah)
  • Baca yang bener (jangan cuma skimming) page tentang beasiswa-nya biar kalian paham garis besar proses seleksinya
  • Siapin berkas yang bisa kalian siapkan dari sekarang, contohnya surat rekomendasi. Isi surat rekomendasi HARUS menjelaskan tentang pribadi kalian, bisa pake format yang ada di web monbusho. JANGAN pake format yang dari sekolah yang isinya cuma identitas kalian doang
  • baca blog aku supaya lebih termotivasi wkwkw
Pendaftaran a.k.a Seleksi Berkas Pertama (20 April – 25 Mei 2018)

Masa pendaftaran dibagi menjadi 2 tahap, tahap 1 buat alumni (atau yang lagi kuliah, for that matter) dan tahap 2 buat yang baru mau lulus SMA. Waktu itu tahap 2 dibuka tanggal 11 Mei sekitar jam 10-an, padahal aku udah reload-reload webnya dari jam 8-an wkwk. Nah abis daftar kalian akan dapet No. Peserta, jangan sampe ilang nomornya bahkan kalau bisa hafalin karena kedepannya akan dipake sebagai identitas kalian saat tes dan pengumuman hasil tesnya.

Jangan lupa baca lagi page beasiswa monbusho nya barangkali ada yang berubah. Kirim berkas-berkas yang diminta sesuai intruksi mereka.

Untuk surat rekomendasi, tadinya aku minta isiin ke TU biar sekalian sama ttd kepsek. Respon TU setelah gw ngasih liat format yang di web monbu:

“oh kalau kayak gini mah, minta isiin aja atuh ke Wali Kelasnya, wali kelasnya siapa sih emangnya?” (konversasi telah di terjemahkan dari bahasa sunda)

Pas aku minta ke Wali kelas (yang kayaknya gak begitu kenal sama gw yang muridnya sendiri) responnya:

“ooh yang ini mah minta isiin ke BK aja nanti bapak tinggal tinggal ttd aja” (konversasi telah di terjemahkan dari bahasa sunda, also not to mention yang gw butuhin itu ttd kepsek bukan ttd bapak pak maap-maap)

Daaaan…. akhirnya guru BK juga ngelempar gw ke guru Bhs. Inggris.

Abis aku baca-baca lagi ternyata yang diminta pihak monbusho itu surat rekomendasi dari Kepala sekolah atau guru, jadi sebenernya aku gak butuh ttd kepsek karena bisa pake ttd guru (tapi tetep butuh cap sekolah ya). Akhirnya sih aku minta isiin sekaligus ttdnya juga ke guru TIK namanya bu Annisa (Makasih banyak bu, sama mau minta maaf willa pernah ngecot pas pelajaran ibu wkwkw) karena selain guru TIK, bu Annisa juga pembimbing di ekskul Smanda IT jadi tau lah ngisinya gimana, plus bisa bahasa inggris lagi. Setelah surat rekomendasi kalian diisi kalian tinggal minta cap basah ke TU, jelasin aja ini tuh surat rekomendasi dari guru tapi diminta harus pake cap sekolah.

Untuk dokumen yang lainnya sih gampang lah ya ngisinya yang teliti aja. Essay yang ada di application letter tentang career plan, motivation, why japan, dll kalo bisa jangan cuma satu kalimat, penuhin aja kolomnya. Bahkan katanya tahun sebelum-sebelumnya ada yang sampe ngelampirin satu halaman khusus untuk essay-nya.

di pos
Pengumuman Hasil Seleksi Berkas (14 Juni 2018)

Hasilnya muncul di web sekitar jam 3 sore-an lah, dan di situ ada nomor pesertaku horee. Alasan kenapa kalian harus hafal no. Peserta itu karena di pengumumannya cuma itu yang dicantumin. Aku lupa berapa orang yang lolos di kosen, yang pasti gak sampe 2 ratusan sih padahal dari yang aku baca di blog tahun-tahun sebelumnya biasanya yang lolos sampe 700 orang lebih (mungkin karena UN 2018 susah jadi cuma sedikit yang memenuhi persyaratan awalnya, tapi gatau juga sih)

Disitu dikasih tau jadwal tes kalian, apa yang harus dibawa dan kalian akan diingatkan untuk membawa pakaian hangat karena ruangan tesnya dingin (sepele sih, tapi setiap diundang kesana pasti diingetin di email wkwkw).

Pas tahun aku sih, jarak antara pengumuman seleksi berkas sama tes tulis lumayan lama (sekitar 3 minggu). Tapi kalau bisa kalian udah mulai belajar buat tes tulis dari sebelumnya, jangan nunggu pengumuman seleksi berkas dulu.

Seleksi Tes Tertulis (3 – 5 Juli 2018)

Aku kebagian tanggal 3 Juli di Kedutaan Besar Jepang. Pas dateng kesana kita disuruh nunggu di tempat parkir kedubes. Yang bikin minder tuh semuanya keliatan kayak anak-anak pinter gitu terus lagi pada belajar.

tempat parkir kedubes jepang

ortu aku sempet ngobrol sama peserta Gakubu yang jadwalnya di hari yang sama, katanya dia udah keterima di Singapore! antara NUS atau NTU kayaknya. Gila serem banget, untung aku daftarnya kosen lol. 

Setiap ganti pelajaran kita dikasih waktu buat istirahat, bisa buat kencing. Urinoir di kedubes canggih banget njir, aku sempet bingung gimana caranya buat ngeflush. Di atasnya kayak ada sensor gitu pas kita tinggalin bakal ngeflush sendiri.

Referensi belajar aku itu dari SBMPTN dan soal-soal monbu tahun sebelumnya, kalau ada soal yang bikin stuck banget aku nyari tentang materinya di Khan Academy. Kalau masih belum puas, bisa nyari buku-buku A level. Sebenernya soal-soalnya gak begitu susah sih, gak beda jauh sama SBMPTN tapi masalahnya ada materi yang gak diajarin di kurikulum SMA di indonesia contohnya tentang bilangan natural, ada juga tentang rekursif (untungnya pernah belajar pas osn informatika).

Pengumuman Hasil Tes Tulis (31 Juli 2018)

tanggal 31 Juli dari pagi aku reload-reload terus webnya kedubes taunya hasilnya keluar sekitar jam 5 sore. Selamat bagi yang lolos tahap ini! Jumlahnya ada 21 peserta yang lolos dari Tes Tulis.

aku yang dilingkari btw

Disini kalian akan dikasih tau tentang dokumen apa aja yang perlu kalian persiapkan untuk seleksi berkas akhir (secondary screening). Lengkapi berkasnya dari sekarang! waktunya mepet, jangan sampe kalian gak bisa lanjutin ini cuma karena telat ngirim berkasnya. Untuk rapor, ijazah, dll kedubes nyediain format bhs. Inggris yang tinggal kita isi terus minta cap basahnya ke sekolah. Gak usah pake penerjemah tersumpah.

Kalau tahun sebelum-sebelumnya berkas untuk seleksi screening akhir itu harus kita bawa saat tes wawancara, tahun ini agak beda. Berkasnya kita kirim setelah pengumuman hasil tes wawancara keluar, jadi gak mepet-mepet banget lah.

Seleksi Tes Wawancara (7 – 9 Agustus 2018)

Jadi pas tes wawancara itu normalnya kita udah masuk kuliah dan hampir semuanya udah pada kuliah di univ yang termasuk univ top di indo.

“Kecuali aku”

Aku yang gak lolos sbmptn dan gak ikutan UM sama sekali (i don’t know why, i was so depressed at the time) awalnya ngerasa minder banget pas ketemu applicant lain, terutama yang udah keterima di stei itb dan pacil ui.

dresscodenya batik waktu itu

Tapi gak usah minder sih sebenernya, mereka juga sama aja manusia. Bahkan aku jg ketemu beberapa orang yang sebelumnya pernah senasib sama aku sekarang.

isi tas gw waktu wawancara

Ehemm kok malah jadi curhat ya, sebelum wawancara kalian akan diberi tahu cara untuk melengkapi aplikasi dan berkas-berkas lain yang dibutuhkan. Gausah didengerin ya kan udah dijelasin di blog ini.

Wawancaranya biasa aja sih. Kita dibagi kelompok dengan anggota 4 orang dan diwawancara sekaligus di satu ruangan. Yang wawancaranya 3 orang, 2 orang jepang dan satunya orang indonesia yang alumni kosen udah lama banget.

Pas udah bagian buat diwawancara, kalian akan diminta masuk ke ruangan berurutan sesuai no. Peserta kalian. jarak dari tempat kalian nunggu dan ruangan wawancara itu lumayan jauh, sampe ngelewatin pintu besi segala jadi bikin agak nervous.

Jangan lupa nunduk (hormat ala jepang gitu) dulu ke orang yang akan wawancara kalian (jangan langsung duduk kayak gw, bikin malu). Wawancaranya dalam bahasa inggris ya, kalau pas orang indo yang nanya sih biasa aja. Tapi aksen orang jepang pas ngomong pake bhs. Inggris itu susah dimengerti. Jadi kalo bisa sih kalian latihan dulu dengerin engrish sebelum wawancara haha.

Aku ngumpulin pertanyaan dari blog-blog peraih monbu sebelumnya, dari temennya kakak aku, dan ada beberapa yang dari pengalamanku sendiri. Kayaknya udah lumayan lengkap sih, antara lain:

  • Perkenalkan dirimu
  • Kenapa memilih jepang?
  • Sekarang kuliah di mana? Apakah siap untuk resign dari tempat kuliah yang sekarang?
  • Apa masalah yang kira-kira akan kalian hadapi di Jepang dan bagaimana cara kalian untuk mengatasinya?
  • Buat kalian yang muslim, di Jepang itu muslimnya gak banyak. Apa yang akan kalian lakukan jika kesulitan mencari makanan halal?
  • Kosen itu tersebar di area yang rural di Jepang, apakah kalian siap?
    Bagaimana rencana karirmu setelah menyelesaikan program ini?
  • Apakah ortu kamu mendukung?
  • Mengapa kami harus memilih kamu?
  • Bisa bahasa jepang? (disini banyak yang jawab bisa sedikit bhs. Jepang dari anime. I mean let’s be honest don’t we all)
  • Apa yang akan dilakukan di Jepang selain belajar?

Kalau setelah wawancara kalian ngerasa gak puas, itu kayaknya wajar deh. Semua orang yang aku tanya juga ngerasain hal yang sama. Tapi sebisa mungkin sih keluarin aja semua jawaban yang sebelumnya udah kalian persiapkan.

Pengumuman Hasil Tes Wawancara (15 Agustus 2018)

Pengumuman kali ini agak spesial karena hasilnya dikirim ke email kalian. Kalian akan tetep dapet emailnya walaupun kalian gak lolos. Setelah kalian tau kalo kalian lolos, langsung kirim berkas buat seleksi akhir ke kedubes secepatnya. Karena jaraknya cuma 5 hari dan ngirimnya juga makan waktu kan. Aku ngirimnya di menit-menit akhir banget dan untungnya nyampe disana pas tanggal 20 jam 12 siang.

Seleksi Akhir (Secondary Screening) (20 Agustus 2018 – Desember 2018)

Gaada lagi yang bisa kalian lakukan di tahap ini, hanya menunggu dan berdoa. Di tahap ini berkas kalian akan dikirim ke mext oleh kedubes dan diadu dengan berkas applicant-applicant dari negara lain.

Jujur menurut gw ini tahap yang berat banget karena ngeliat dari tahun sebelumnya banyak yang gak lanjut di tahap ini. Bayangin lho, gagal padahal udah sejauh ini dan tinggal satu langkah lagi.

“Hidup adalah Perjuangan dan Penantian”

parodi dari sandi ambalan sekolah gw
Pengumuman Akhir Monbukagakusho (30 November 2018)

Entah kenapa pengumuman akhir yang janjinya bulan desember/januari tiba-tiba muncul pas tanggal 30 November, hari jumat!

Pas banget aku pulang jumatan langsung cek hp dan muncul notifikasi, ternyata ada email masuk judulnya Pengumuman Hasil Seleksi Akhir (Secondary Screening) Monbukagakusho bla bla bla.

Sampe gemeteran aku bukanya, dan sebenernya waktu itu aku inget no. Pesertaku berapa tapi tetep aja gak percaya itu beneran aku. Sampe nyari-nyari berkas yang gak kepake yang hampir dibuang.

“Yeaaay”

Tahun ini yang lolos seleksi akhir monbu lumayan banyak, S1 10 orang, D3 11 orang, D2 13 orang.

Di file lampirannya dijelasin juga kalo yang lolos seleksi akhir itu belum resmi jadi penerima beasiswa monbukagakusho. Dan akan resmi setelah dapat penempatan sekolah bahasa.

Gitu dulu ya, kalo ada yang mau ditanyakan (pasti ada sih karena tulisan gw gajelas banget) bisa di kolom komentar di bawah. Nanti kalau ada update akan aku terusin disini.

Author: willa

me and my cringy shitty writings

43 thoughts on “Pengalaman Beasiswa Undergraduate Monbukagakusho 2019”

  1. Permisi, saya mau tanya apa boleh kalau misalnya saya daftar ulang (registrasi email) dengan email yang berbeda karena alasan mengganti jenjang pendidikan? Sebelumnya terima kasih.

    *Di sini saya belum kirim formulir/data apapun, baru registrasi e-mail.

    Like

  2. Halo ka..kalo buat gakubu ada sumber buat belajar matematika sama kimianya ga ya?
    dan mau nanya kalo selepas satu tahun belajar mat, fis. kim, sama jepang di sana itu udah pasti bakalan dapet univ di sana ga ya? atau masih ngawang-ngawang dapet atau ga nya ._. ? makasih ka

    Like

  3. Kak surat rekomendasinya itu dalam bahasa Inggris ya? Isinya tentang kepribadian qt dulu &prestasi ya pernah diraih kah?

    Like

  4. Oiya kak kl misal gap year dan ga kerja di instansi manapun ya di formulir bagaian present status itu ditulis ttp student atau employee atau other kak mohon penjelasannya yaaa

    Like

  5. Oiya kak kl misal gap year dan ga kerja di instansi manapun ya di formulir bagaian present status itu ditulis ttp student atau employee atau other kak mohon penjelasannya yaaa.

    Like

  6. Halo kak, aku mau nanya. Sejauh ini ada gak kak mahasiswa indonesia yang keterima beasiswa monbu ini di kedokteran kak?

    Like

  7. Kak Klo Misalkan Untuk Ketentuan Umur Itu Ada Minimum Nya Ga? Soalnya Saya Dibandingkan Temen Temen SMA Yang Seangkatan Lebih Muda 1 Tahun.
    Trus Kak Untuk Surat Rekomendasi Itu Kaka Mintanya Berapa Bulan Sebelum Ngirim Berkas?

    Like

  8. mau tanya kak,bagi yg udh kuliah surat rekomendasinya itu ditanda tangan sama guru pas masih disekolah SMA/K, apa ditanda tangan sama dosen?

    Like

  9. Kak mau nanya, untuk tes wawancara itu harus bahwa Inggris /jepang kah? Apakah tidak bisa memakai bahasa indonesia?

    Like

  10. Halo kak mau tanya, kalau misal keterima d3 terus mau lanjut s1 berarti jurusannya harus sama kayak d3 atau boleh beda. Terimakasih kak

    Like

Leave a comment